Frequently Asked Questions
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apakah Layanan Mandiri SBN Ritel Online itu?
Layanan Mandiri SBN Ritel Online adalah sebuah portal berisi informasi di web browser yang menyediakan akses pemesanan SBN Ritel di Pasar Perdana berkolaborasi dengan Kementrian Keuangan. Kemudahan melakukan pemesanan pada https://sbnonline.bankmandiri.co.id dengan terlebih dahulu melakukan registrasi melalui website SBN Online atau melalui cabang Bank Mandiri terdekat.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Transaksi apa saja yang dapat dilakukan melalui Layanan Mandiri SBN Ritel Online?
Nasabah pemilik akun Mandiri SBN Ritel Online dapat melakukan transaksi pemesanan seluruh produk Surat Berharga Negara di Pasar Perdana yang telah ditetapkan untuk diterbitkan pemerintah secara online seperti Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Negara Ritel (SR), Savings Bond Ritel (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST). Produk Surat Berharga yang sedang ditawarkan dapat dilihat pada melalui Website SBN Online Bank Mandiri.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Bagaimana cara mendapatkan akses Layanan Mandiri SBN Ritel Online ?
Registrasi merupakan pendaftaran identitas diri yang wajib dilakukan oleh calon pengguna dengan menggunakan data e-KTP yang terdaftar di Dukcapil. Nasabah dapat melakukan registrasi layanan Mandiri SBN Ritel Online melalui website SBN Online Bank Mandiri maupun Kantor Cabang Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia. Setelah melakukan registrasi, pada H+2 (Hari Kerja) nasabah akan menerima email user ID dan temporary password yang dapat digunakan untuk mengakses layanan Mandiri SBN Ritel Online pada portal https://sbnonline.bankmandiri.co.id. Mohon dapat dipastikan kembali bahwa data yang diisikan pada formulir Registrasi SBN Online telah lengkap dan benar, sehingga proses registrasi yang dilakukan secara offline melalui kantor cabang berhasil dilakukan tanpa kendala.
Nasabah yang belum juga menerima email user ID dan temporary password lebih dari 2 (dua) hari setelah registrasi, dapat menghubungi call center atau cabang Bank Mandiri terdekat maupun cabang dimana Nasabah melakukan Registrasi untuk dapat memastikan apakah proses Registrasi Nasabah sudah berhasil.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apabila nasabah gagal melakukan registrasi melalui website SBN Online apa yang harus dilakukan oleh nasabah?
Registrasi SBN Online melalui website hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali per nasabah. Apabila nasabah gagal melakukan registrasi, maka nasabah akan memperoleh informasi kegagalan dan penyebabnya melalui email. Selanjutnya nasabah tidak dapat melakukan registrasi lagi melalui website, melainkan harus mendatangi Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat untuk melakukan registrasi SBN Online dengan membawa persyaratan yang diperlukan sebagaimana terlampir sebelumnya.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apa saja persyaratan nasabah dapat registrasi Layanan Mandiri SBN Ritel Online?
Dokumen persyaratan yang diperlukan untuk proses registrasi adalah sebagai berikut :
1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP yang masih berlaku dan terdaftar pada Dukcapil.
2. Memiliki rekening tabungan di Bank Mandiri yang masih aktif dan tercatat atas nama pribadi dibuktikan dengan buku tabungan atau kartu debit Bank Mandiri.
3. Apabila melakukan registrasi melalui Kantor Cabang Bank Mandiri, calon investor wajib mengisi Formulir Registrasi Layanan Mandiri SBN Ritel Online disertai Formulir Pembukaan Rekening Efek apabila belum pernah bertransaksi Surat Berharga Negara sebelumnya disertai dengan lampiran copy KTP dan NPWP.
Bank Mandiri sebagai Mitra Distribusi akan membantu proses pembuatan Rekening Efek dan SID Nasabah
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Bagaimana Cara Melakukan Pemesanan pada Aplikasi Mandiri SBN Ritel Online?
Pemesanan SBN Ritel Online dimulai melalui menu Order sub menu Bond Order. Pada menu Bonds Order nasabah dapat memilih dan membeli produk SBN yang sedang ditawarkan dengan memasukkan jumlah yang ingin dipesan. Sebagai informasi, nasabah tidak dikenakan biaya apapun oleh Bank Mandiri dalam melakukan pemesanan SBN.
Pada saat melakukan pemesanan Nasabah akan diminta memverifikasi pemesanan melalui OTP yang dikirimkan melalui SMS kepada nomor Nasabah yang teregistrasi pada saat Pendaftaran Layanan Mandiri SBN Ritel Online. Setiap OTP SMS yang masuk ke nomor nasabah akan dikenakan tarif sms. Mohon agar nomor yang diregistrasikan pada Layanan Mandiri SBN Ritel Online adalah nomor Aktif yang digunakan oleh Nasabah.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Bagaimana Cara Melakukan Pembayaran atas Pemesanan pada Aplikasi Mandiri SBN Ritel Online?
Pembayaran atas pemesanan pada Aplikasi Mandiri SBN Ritel Online akan mengikuti ketentuan waktu yang ditentukan oleh Kementerian Keuangan (ketentuan saat ini maksimum 3 jam dari waktu pemesanan). Nasabah dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan kode billing melalui pilihan pembayaran PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) di berbagai channel Bank Mandiri sebagai berikut :
ATM
Terdapat ketentuan maksimum pembayaran melalui channel ATM sesuai dengan jenis kartu nasabah
Mekanisme pembayaran melalui ATM adalah sebagai berikut:
1. Masukkan Kartu Debit, kemudian pilih Bahasa Indonesia
2. Ketik Nomor PIN Kartu Debit kemudian tekan ENTER
3. Pilih menu BAYAR/BELI
4. Pilih PENERIMAAN NEGARA
5. Pilih PAJAK/PNBP/CUKAI
6. Masukkan KODE BILLING
7. Konfirmasi data ID Billing.
8. Pilih YA untuk melanjutkan transaksi bila data sesuai
9. Pilih nomor rekening transaksi
10. Bukti Penerimaan Negara (BPN) akan tercetak dalam bentuk struk ATM
LIVIN
Ketentuan pembayaran melalui channel LIVIN adalah maksimum Rp 100 Juta/transaksi/hari. Mekanisme pembayaran melalui channel LIVIN adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke Aplikasi LIVIN
2. Masukkan USER ID dan PIN LIVIN Anda
3. Masuk ke menu PEMBAYARAN
4. Pilih menu PENERIMAAN NEGARA
5. Pilih rekening tabungan
6. Pilih penyedia jasa PAJAK/PNBP/CUKAI
7. Masukkan KODE BILLING lalu klik Lanjut
8. Konfirmasi data ID Billing.
9. Klik Kirim kemudian masukkan PIN LIVIN
10. Klik DOWNLOAD untuk mengunduh Bukti Penerimaan Negara (BPN)
Kantor Cabang
Pembayaran dilakukan melalui Teller Kantor Cabang Bank Mandiri dengan membawa buku tabungan, kartu debit dan kode billing pemesanan surat berharga dengan tujuan pembayaran Pajak/PNBP/Cukai menggunakan kode biller 50012. Nasabah wajib menyimpan bukti pendebetan yang dilakukan melalui Teller sebagai bukti pembayaran sementara sebelum menerima NTPN.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apakah bukti transaksi pemesanan dan pembayaran SBN berhasil?
Pemesanan yang telah berhasil dibuat akan tercatat pada menu Akun sub menu Histori Transaksi. Pada menu histori transaksi, apabila pemesanan belum dibayarkan maka status transaksi adalah verified order, apabila transaksi telah berhasil dibayarkan maka status transaksi akan berubah menjadi completed order dan akan muncul kode NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan NTB (Nomor Transaksi Bank) pada histori transaksi sebagai bukti pembayaran. Selain itu, Mandiri SBN Ritel Online akan mengirimkan notifikasi email untuk setiap pemesanan yang berhasil dibayarkan.
Setiap Pemesanan Pembelian SBN Ritel yang telah terverifikasi (verified order) tidak dapat dibatalkan dan ditarik kembali oleh Calon Investor. Dana pembayaran atas pemesanan pembelian SBN Ritel yang telah selesai dan lengkap (Completed Order) akan masuk ke Rekening Kas Umum Negara dengan perhitungan kupon dimulai pada tanggal settlement tanpa ada pengendapan bunga.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apa yang terjadi apabila waktu pembayaran telah habis namun belum dilakukan pembayaran atas pemesanan SBN?
Pemesanan yang tidak dibayarkan dalam jangka waktu pembayaran (maksimum 3 jam setelah waktu pemesanan) akan berubah status dari verified order menjadi pending order pada menu Akun sub menu Histori Pemesanan. Kuota SBN Anda akan berkurang dan baru akan dikembalikan lagi oleh Kementerian Keuangan maksimum H+2 setelah gagal bayar.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apakah bukti kepemilikan SBN Ritel Online?
SBN Ritel Online diterbitkan dalam bentuk tanpa warkat (scripless). Dalam hal bukti kepemilikan yang dapat diberikan kepada nasabah, Layanan Mandiri SBN Online menyediakan informasi dalam bentuk portofolio view dan bukti KSEI yang dapat diunduh. Khusus untuk portofolio view produk ORI dan Sukuk yang dapat diperdagangkan, portofolio view hanya menunjukkan posisi portofolio pada saat pembelian di Pasar Perdana. Apabila nasabah melakukan penjualan di Pasar Sekunder maka portofolio yang berlaku adalah portofolio client position dari sub registry. Nasabah dapat mengunduh bukti kepemilikan melalui website SBN Online pada menu Akun sub menu Portofolio. Bukti kepemilikan akan tersedia maksimal 14 hari kerja setelah tanggal settlement.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Bagaimana cara mengganti password akun SBN Online dan apa yang harus nasabah lakukan apabila lupa password?
Nasabah dapat mengikuti langkah berikut untuk mengganti password saat lupa password :
1. Buka website SBN Online Bank Mandiri https://sbnonline.bankmandiri.co.id/home
2. Klik tab Sign In
3. Klik Forgot Password
4. Masukkan User ID saat ini dan nomor Rekening
5. Masukkan kode captcha dan klik Lanjut
6. Masukkan kode OTP dikirimkan ke melalui SMS dan klik Lanjut
7. SBN Online Bank Mandiri akan mengirimkan email berisi temporary password baru nasabah
8. Login kembali dengan menggunakan User ID dan temporary password baru tersebut
9. Ganti temporary password tersebut dengan password yang anda inginkan.
*Password harus 8 - 16 karakter dan setidaknya memiliki 1 huruf besar, 1 huruf kecil dan simbol.
Nasabah juga dapat melakukan penggantian password dengan mengajukan permohonan reset password ke cabang Bank Mandiri terdekat atau tim Customer Care kami melalui nomor telepon 14000 atau email mandiricare@bankmandiri.co.id.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apa yang harus nasabah lakukan apabila ingin melakukan perubahan Nomor Handphone dan Email terdaftar?
Nasabah hanya dapat melakukan pengajuan perubahan nomor handphone dan email yang terdaftar di SBN Online melalui Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apa yang harus nasabah lakukan apabila akun SBN Online terblokir?
Nasabah dapat melakukan pembukaan blokir dan dengan mengajukan permohonan ke cabang Bank Mandiri terdekat atau tim Customer Care kami melalui nomor telepon 14000 atau email mandiricare@bankmandiri.co.id.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Siapa yang dapat dihubungi apabila memerlukan penjelasan lebih lanjut perihal layanan Mandiri SBN Ritel Online?
Silakan menghubungi tim Customer Care kami melalui nomor telepon Mandiri Call 14000 atau email mandiricare@bankmandiri.co.id. Kami juga menyediakan layanan chat message fitur Hubungi Kami pada Portal Mandiri SBN Ritel Online. Kami akan merespon pesan anda pada Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.30 WIB. Pesan yang masuk diluar jam tersebut akan kami respon pada Hari Kerja berikutnya.