Frequently Asked Questions
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apakah Layanan Mandiri SBN Ritel Online itu?
Layanan Mandiri SBN Ritel Online adalah sebuah portal berisi informasi di web browser yang menyediakan akses pemesanan SBN Ritel di Pasar Perdana berkolaborasi dengan Kementrian Keuangan. Kemudahan melakukan pemesanan pada https://sbnonline.bankmandiri.co.id
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apakah saya masih dapat melakukan registrasi pada Layanan Mandiri SBN Ritel Online?
Saat ini sudah tidak dapat dilakukan registrasi melalui Website Mandiri SBN Ritel Online namun Nasabah dapat melakukan registrasi akun SBN Online melalui Mobile Apps Livin’ by Mandiri yang tersedia di Playstore (Android) maupun App Store (iOs)
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Transaksi apa saja yang dapat dilakukan melalui Layanan Mandiri SBN Ritel Online?
Nasabah pemilik akun Mandiri SBN Ritel Online dapat melakukan transaksi pemesanan seluruh produk Surat Berharga Negara di Pasar Perdana yang telah ditetapkan untuk diterbitkan pemerintah secara online seperti Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Negara Ritel (SR), Savings Bond Ritel (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST). Produk Surat Berharga yang sedang ditawarkan dapat dilihat pada melalui Website SBN Online Bank Mandiri.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Bagaimana Cara Melakukan Pemesanan pada Aplikasi Mandiri SBN Ritel Online?
Pemesanan SBN Ritel Online dimulai melalui menu Order sub menu Bond Order. Pada menu Bonds Order nasabah dapat memilih dan membeli produk SBN yang sedang ditawarkan dengan memasukkan jumlah yang ingin dipesan. Sebagai informasi, nasabah tidak dikenakan biaya apapun oleh Bank Mandiri dalam melakukan pemesanan SBN.
Pada saat melakukan pemesanan Nasabah akan diminta memverifikasi pemesanan melalui OTP yang dikirimkan melalui SMS kepada nomor Nasabah yang teregistrasi pada saat Pendaftaran Layanan Mandiri SBN Ritel Online. Setiap OTP SMS yang masuk ke nomor nasabah akan dikenakan tarif sms. Mohon agar nomor yang diregistrasikan pada Layanan Mandiri SBN Ritel Online adalah nomor Aktif yang digunakan oleh Nasabah.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Bagaimana Cara Melakukan Pembayaran atas Pemesanan pada Aplikasi Mandiri SBN Ritel Online?
Pembayaran atas pemesanan pada Aplikasi Mandiri SBN Ritel Online akan mengikuti ketentuan waktu yang ditentukan oleh Kementerian Keuangan (ketentuan saat ini maksimum 3 jam dari waktu pemesanan). Nasabah dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan kode billing melalui pilihan pembayaran PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) di berbagai channel Bank Mandiri sebagai berikut :
ATM
Terdapat ketentuan maksimum pembayaran melalui channel ATM sesuai dengan jenis kartu nasabah
Mekanisme pembayaran melalui ATM adalah sebagai berikut:
1. Masukkan Kartu Debit, kemudian pilih Bahasa Indonesia
2. Ketik Nomor PIN Kartu Debit kemudian tekan ENTER
3. Pilih menu BAYAR/BELI
4. Pilih PENERIMAAN NEGARA
5. Pilih PAJAK/PNBP/CUKAI
6. Masukkan KODE BILLING
7. Konfirmasi data ID Billing.
8. Pilih YA untuk melanjutkan transaksi bila data sesuai
9. Pilih nomor rekening transaksi
10. Bukti Penerimaan Negara (BPN) akan tercetak dalam bentuk struk ATM
LIVIN
Ketentuan pembayaran melalui channel LIVIN adalah maksimum Rp 500 Juta/transaksi/hari. Mekanisme pembayaran melalui channel LIVIN adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke Aplikasi LIVIN
2. Masukkan USER ID dan PIN LIVIN Anda
3. Masuk ke menu PEMBAYARAN
4. Pilih menu PENERIMAAN NEGARA
5. Pilih rekening tabungan
6. Pilih penyedia jasa PAJAK/PNBP/CUKAI
7. Masukkan KODE BILLING lalu klik Lanjut
8. Konfirmasi data ID Billing.
9. Klik Kirim kemudian masukkan PIN LIVIN
10. Klik DOWNLOAD untuk mengunduh Bukti Penerimaan Negara (BPN)
Kantor Cabang
Pembayaran dilakukan melalui Teller Kantor Cabang Bank Mandiri dengan membawa buku tabungan, kartu debit dan kode billing pemesanan surat berharga dengan tujuan pembayaran Pajak/PNBP/Cukai menggunakan kode biller 50012. Nasabah wajib menyimpan bukti pendebetan yang dilakukan melalui Teller sebagai bukti pembayaran sementara sebelum menerima NTPN.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apakah bukti transaksi pemesanan dan pembayaran SBN berhasil?
Pemesanan yang telah berhasil dibuat akan tercatat pada menu Akun sub menu Histori Transaksi. Pada menu histori transaksi, apabila pemesanan belum dibayarkan maka status transaksi adalah verified order, apabila transaksi telah berhasil dibayarkan maka status transaksi akan berubah menjadi completed order dan akan muncul kode NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan NTB (Nomor Transaksi Bank) pada histori transaksi sebagai bukti pembayaran. Selain itu, Mandiri SBN Ritel Online akan mengirimkan notifikasi email untuk setiap pemesanan yang berhasil dibayarkan.
Setiap Pemesanan Pembelian SBN Ritel yang telah terverifikasi (verified order) tidak dapat dibatalkan dan ditarik kembali oleh Calon Investor. Dana pembayaran atas pemesanan pembelian SBN Ritel yang telah selesai dan lengkap (Completed Order) akan masuk ke Rekening Kas Umum Negara dengan perhitungan kupon dimulai pada tanggal settlement tanpa ada pengendapan bunga.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apa yang terjadi apabila waktu pembayaran telah habis namun belum dilakukan pembayaran atas pemesanan SBN?
Pemesanan yang tidak dibayarkan dalam jangka waktu pembayaran (maksimum 3 jam setelah waktu pemesanan) akan berubah status dari verified order menjadi pending order pada menu Akun sub menu Histori Pemesanan. Kuota SBN Anda akan berkurang dan baru akan dikembalikan lagi oleh Kementerian Keuangan maksimum H+2 setelah gagal bayar.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apakah bukti kepemilikan SBN Ritel Online?
SBN Ritel Online diterbitkan dalam bentuk tanpa warkat (scripless). Dalam hal bukti kepemilikan yang dapat diberikan kepada nasabah, Layanan Mandiri SBN Online menyediakan informasi dalam bentuk portofolio view dan bukti KSEI yang dapat diunduh. Khusus untuk portofolio view produk ORI dan Sukuk yang dapat diperdagangkan, portofolio view hanya menunjukkan posisi portofolio pada saat pembelian di Pasar Perdana. Apabila nasabah melakukan penjualan di Pasar Sekunder maka portofolio yang berlaku adalah portofolio client position dari sub registry. Nasabah dapat mengunduh bukti kepemilikan melalui website SBN Online pada menu Akun sub menu Portofolio. Bukti kepemilikan akan tersedia maksimal 14 hari kerja setelah tanggal settlement.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Bagaimana cara mengganti password akun SBN Online dan apa yang harus nasabah lakukan apabila lupa password?
Nasabah dapat mengikuti langkah berikut untuk mengganti password saat lupa password :
1. Buka website SBN Online Bank Mandiri https://sbnonline.bankmandiri.co.id/home
2. Klik tab Sign In
3. Klik Forgot Password
4. Masukkan User ID saat ini dan nomor Rekening
5. Masukkan kode captcha dan klik Lanjut
6. Masukkan kode OTP dikirimkan ke melalui SMS dan klik Lanjut
7. SBN Online Bank Mandiri akan mengirimkan email berisi temporary password baru nasabah
8. Login kembali dengan menggunakan User ID dan temporary password baru tersebut
9. Ganti temporary password tersebut dengan password yang anda inginkan.
*Password harus 8 - 16 karakter dan setidaknya memiliki 1 huruf besar, 1 huruf kecil dan simbol.
Nasabah juga dapat melakukan penggantian password dengan mengajukan permohonan reset password ke cabang Bank Mandiri terdekat atau tim Customer Care kami melalui nomor telepon 14000 atau email mandiricare@bankmandiri.co.id.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apa yang harus nasabah lakukan apabila ingin melakukan perubahan Nomor Handphone dan Email terdaftar?
Nasabah hanya dapat melakukan pengajuan perubahan nomor handphone dan email yang terdaftar di SBN Online melalui Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Apa yang harus nasabah lakukan apabila akun SBN Online terblokir?
Nasabah dapat melakukan pembukaan blokir dan dengan mengajukan permohonan ke cabang Bank Mandiri terdekat atau tim Customer Care kami melalui nomor telepon 14000 atau email mandiricare@bankmandiri.co.id.
keyboard_arrow_up keyboard_arrow_down Siapa yang dapat dihubungi apabila memerlukan penjelasan lebih lanjut perihal layanan Mandiri SBN Ritel Online?
Silakan menghubungi tim Customer Care kami melalui nomor telepon Mandiri Call 14000 atau email mandiricare@bankmandiri.co.id. Kami juga menyediakan layanan chat message fitur Hubungi Kami pada Portal Mandiri SBN Ritel Online. Kami akan merespon pesan anda pada Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.30 WIB. Pesan yang masuk diluar jam tersebut akan kami respon pada Hari Kerja berikutnya.